Sabtu, 03 Maret 2018

Melakukan Komunikasi Asinkron dan Sinkron Dalam Jaringan KD. 4.10


PENERAPAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN ASINKRON



Komunikasi online dalam jaringan secara tunda menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan tak serempak/asinkron. Contoh komunikasi asinkron misalnya aplikasi e-mail (electronic mail), video streaming, membaca dan menulis dokumen secara online melalui world wide web (google docs, microsoft office online) .
E-MAIL
Adalah kepanjangan dari electronic mail merupakan aplikasi penulisan, pengiriman, penerimaan surat secara elektronik melalui komunikasi dalam jaringan. Jenis layanan email :
  1. POP mail (Post Office Protocol Mail). adalah jenis email yang bisa dibaca secara offline. Untuk bisa membaca email ini, kita harus terkoneksi internet terlebih dahulu kemudian kita diharuskan mengunduh/men-download email yang telah masuk dari server mail yang kita ikuti, setelah itu kita bisa membaca email tersebut tanpa harus terhubung dengan internet.  Dalam penggunaan POP mail ini, kita membutuhkan aplikasi khusus yang harus terinstall pada komputer kita, sehingga kita tidak bisa mengunduh email kita dari komputer lain yang tidak memiliki aplikasi POP mail. Contoh POP mail adalah POPmail, lycos, Hotpop. POP mail
  2. Web based mail. Contoh penyedia layanan Web based mail ini adalah yahoo mail, G-mail, hotmail, dll. Ada 2 jenis yaitu Web Based Mail:
    1. email gratis. Dengan menggunakan email gratis ini kita bisa memanfaatkan pengiriman dan menerima surat elektronik secara gratis. Kelemahan dari email ini adalah besar email yang diterima dibatasi oleh kuota. Contoh Gmail dibatasi kuota 6 Giga Byte
    2. email prabayar. Dengan menggunakan email prabayar ini kita ibsa memanfaatkan pengiriman dan penerimaan surat elektronik dengan kuota melebihi dari kuota email gratis, tergantung dari pilihan berapa besar kuota yang dipilih. Tetapi anda diwajibkan untuk membayar  jika ingin berlangganan. Contoh yahoo!mail plus dengan fasilitas keamanan dari spam, fasilitas POP mail, e-mail fowarding.
  3. E-mail fowarding. Jenis email ini kita bisa membuat email alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Dalam hal ini  sebuah email yang kita terima bisa kita alihkan atau diditeruskan lagi ke alamat yang sebenarnya.

MEMBUAT EMAIL
Pada saat ini kita akan mencoba membuat sebuah akun email pada G-mail. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
  1. Buka web browser anda. Anda bisa menggunakan internet explorer, google chrome, mozilla, opera, dll.
  2. Ketikkan alamat http://www.google.co.id pada address bar dan tekan tombol enter.
    address bar
    address bar
  3. Sehingga terbuka halaman seperti di bawah ini
    Halaman google
    Halaman google
  4. Klik tulisan Gmail, seperti gambar di bawah ini :
    klik gmail
    klik gmail
  5. Input data diri anda pada form “create your google account
    input data diri
    input data diri
  6. Jangan lupa centang kotak “I Agree to Google Terms of Service and Privacy Policy“, kemudian Klik “Next step” sehingga muncul jendela
    ferifikasi account
    ferifikasi account
  7. Masukkan nomor handphone anda untuk mendapatkan sms kode verifikasi pada nomor anda. Kemudian klik “Continue
  8. Catat kode verifikasi yang telah di-sms kan pada handphone anda, kemudian masukkan pada menu “verify your account
    masukkan kode verifikasi
    masukkan kode verifikasi
  9. Klik “Continue” untuk mengakhiri pembuatan email anda
    Akhir pembuatan email
    Akhir pembuatan email
  10. Klik “Add a photo” untuk menambahkan photo profil anda, kemudian pada menu “upload photo” , pilih “select a photo from your computer 
    upload photo
    upload photo
  11. Pilih file photo dari komputer anda, kemudian klik “Openpilih filephoto anda
  12. Proses upload photo akan terjadi, kemudian lakukan proses seleksi pada photo
    upload photo
    upload photo
    seleksi photo
    seleksi photo
  13. Klik “Set as profile photo” untuk mengakhiri pemasangan photo profil andaselesai
  14. Klik “Next step“, maka anda akan menuju pada jendela “Welcome , nataliewelcome natalie
  15. Klik “Continue to Gmail” untuk masuk ke akun email andaloading
    email account

TATA KRAMA KOMUNIKASI ASINKRON
Karena komunikasi melibatkan orang lain, hendak tatakrama dalam komunikasi hendak diperhatikan. Dalam penulisan email harus diperhatikan :
  1. Gunakan bahasa yang sopan
  2. Gunakan salam pembuka untuk memulai penulisan email, dan gunakan salam penutup untuk mengakhiri email anda
  3. Jangan terlalu banyak menggunakan huruf kapital saat mengirimkan/membalas email
  4. Tuliskan subyek, tentang tema email yang anda kirimkan
  5. CC dan BCC digunakan pada saat anda mengirim email lebih dari satu

Sumber
https://cahyokrisma.wordpress.com/2014/09/04/penerapan-komunikasi-dalam-jaringan-asinkron/





15 Tata Krama Komunikasi Sinkron


Berkomunikasi merupakan sebuah cara untuk memberitahukan pikiran, ide, gagasan, kritik ataupun saran serta curahatan hati seseorang kepada orang lain yang menjadi lawan berbicaranya. Seiring perkembangan jaman serta kecepatan jaringan internet sekarang ini yang sudah mulai merata hingga kepelosok desa membuat komunikasi dengan seseorang tidak lagi menjadi sulit, karena dimana saja dan kapan saja dapat berkomunikasi dengan orang yang diinginkan baik menggunakan Handphone, Smartphone atau melalui laptop / pc komputer. Oleh karena itu sekarang ini dikenal pula komunikasi melalui jaringan internet yang biasa disebut dengan komunikasi daring sinkron.
ads
Komunikasi sinkron merupakan komunikasi antara seseorang dengan pihak lain yang menggunakan jaringan internet dan berlangsung secara langsung dan cepat dengan menggunakan Handphone, Smartphone atau melalui laptop / pc komputer yang terhubung ke jaringan internet. Komunikasi sinkron memiliki macam-macam media komunikasi, namun yang paling sering digunakan untuk berkomunukasi antara lain seperti BBM, Yahoo messenger, Line, Google talk, Google Hangout, Messenger, Facebook chat Whats App, dan lain sebagainya. Komunikasi sinkron memiliki kelebihan pada kecepatan transmisi pengiriman pesan yang lebih cepat, namun juga meniliki kekurangan yang memungkinkan pesan tersebut tidak sampai atau biasa disebut error. Komunikasi sinkron memiliki beberapa cara, antara lain :
1.Text chat
Merupakan sebuah komunikasi yang menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada seseorang melalui aplikasi. Komunikasi sinkron menggunakan Text Chat bukanlah sebuah komunikasi yang efektif karena tidak menampilkan emosi dan ekspresi pengirim pesan text tersebut.
2.Video chat
Merupakan teknologi komunikasi yang menampilkan audio dan video secara langsung antara pengguna yang ingin berkomunikasi di lokasi yang berbeda. Video chatting dapat dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone yang terhubung ke jaringan internet. Video chat sering juga disebut sebagai Video Call atau panggilan video.
Baca Juga : Efek Media Massa
Komunikasi sinkron yang menggunakan komunikasi  secara verbal atau bahasa tubuh haruslah memiliki tata krama yang baik dan benar agar lawan bicara tidak merasa tersinggung ataupun tersakiti, karena dengan mengetahui dan menggunakan tata krama berkomunikasi sinkron yang baik dan benar maka sesuatu yang disampaikan saat sedang berkomunikasi akan diterima dengan baik oleh lawan bicara. Selain itu tata krama yang baik pada saat berkomunikasi akan menunjukkan beberapa informasi diri. Berikut ini beberapa tata krama berkomunikasi sinkron yang baik dan benar untuk menjaga komunikasi kita berjalan dengan baik :
1. Sapa dengan semangat
Memulai komunikasi dengan semangat akan memberikan efek positif untuk komunikasi yang akan dilangsungkan. Bahasa sebagai alat komunikasi yang baik haruslah memberikan semangat bagi orang yang mendengarnya, oleh karena itu biasakan sebelum berkomunikasi untuk menyapa lawan bicara dengan senyuman yang bersemangat atau kata – kata yang membawa semangat.
2. Tatap wajah lawan bicara
Ketika lawan bicara sedang mengutarakan sesuatu, maka pandangan dan arah mata haruslah melihat dan memandang lawan bicara. Hal ini akan memberikan tanda kepada lawan bicara, bahwa apa yang diutarakannya didengarkan dengan baik. Jangan terlalu sering menoleh ke kiri – ke kanan karena akan memberikan kesan yang tidak sopan. (Baca Juga : Fungsi Media Komunikasi)
Sponsors Link

3. Jangan membicarakan keburukan orang lain
Sewaktu berbicara hendaklah membicarakan hal-hal yang baik dan bermanfaat agar komunikasi memiliki makna dan manfaat yang jelas. Janganlah komunikasi hanya diisi oleh percakapan-percakapan yang mengandung kebencian, SARA dan keburukan orang lain.
4. Jika batuk tutuplah mulut
Ketika sedang berkomukasi sinkron biasakanlah menjaga etika duduk, berdiri maupun etika lainnya yang harus dipatuhi dan dilakukan pada saat berkomunikasi. Terlebih jika sedang batuk atau bersin, maka tutuplah mulut dengan tangan untuk menghormati lawan bicara atau orang – orang disekitar.
5. Menggunakan kata – kata yang sopan
Penggunaan kata – kata yang sopan harus digunakan ketika sedang berkomunikasi dengan seseorang agar proses komunikasi efektif dan berjalan dengan penuh keceriaan serta tidak memiliki hambatan – hambatan komunikasi yang dapat membuat kesalahpahaman antara kedua pihak.
6. Jangan memaksa
Setiap komunikasi yang berjalan dengan baik haruslah juga menggunakan kata-kata yang lembut dan jangan memaksa lawan bicara agar memenuhi segala tuntutan kita. Pada saat komunikasi antar pribadi berusahalah untuk meminta dengan lembut dan baik agar tujuan dari komunikasi dapat diterima dengan baik.
ads
7. Dengarkan dengan baik
Ketika sedang berkomunikasi maka akan terjadi percakapan panjang antara satu dengan yang lainnya, oleh karena itu tata krama atau etika komunikasi yang baik adalah ketika lawan komunikasi sedang berbicara, dengarkanlah dengan baik dan seksama agar lawan bicara tersebut merasa dihormati dan didengarkan keluh kesahnya.
8. Jangan berbicara terlalu cepat
Dalam komunikasi usahakan untuk tidak berbicara terlalu cepat atau tidak juga terlalu lambat agar lawan bicara dapat mendengarkan dengan jelas apa yang kita ucapkan. Intonasi atau penekanan nada dan ekspresi wajah juga jangan membuat lawan bicara merasa risih atau terancam. Faktor – faktor yang mempengaruhi komunikasi menjadi tidak baik, salah satunya adalah berbicara terlalu cepat.
9. Jaga sikap dan perilaku
Jika berkomunikasi melalui daring sinkron, sikap dan perilaku mungkin tidak akan terlahu kelihatan secara jelas. Tapi jika komunikasi dilakukan secara langsung baik pada saat komunikasi interpersonal, komunikasi organisasi, komunikasi bisnis, hingga komunikasi antar budaya sikap dan perilaku haruslah dijaga karena sikap dan perilaku adalah cerimanan kepribadian seseorang. Janganlah melakukan hal-hal seperti memejamkan mata terlalu lama, menggaruk hidung atau menggigit bibir karena akan menimbulkan kesan yang tidak baik.
10. Berikan solusi ketika ada masalah
Pada saat komunikasi dilakukan ketika ada sebuah masalah, maka cobalah untuk memikirkan solusi dari masalah tersebut dan mengutarakannya. Memberikan solusi adalah komunikasi yang terbaik dibandingkan hanya sekedar bertanya dan memberikan argumentasi pandangan. Hal ini juga akan memunculkan kesan bahwa anda seorang penengah dan pemecah masalah yang baik.
11. Berkata jujur, jangan bertele – tele
Jika komunikasi dilakukan karena memiliki sebuah keinginan dan ingin dikomunikasikan dengan lawan bicara, maka berbicaralah secara jujur, meminta dengan lembut, tidak memaksa dan berikan alasan kenapa menginginkan dan membicarakan hal tersebut serta berikan pemahaman dengan baik dan benar dengan tidak bertele-tele.
12. Tulis yang ingin dibicarakan dengan rapi
Jika berkomunikasi menggunakan jaringan internet atau daring sinkron, maka sebaiknya untuk tidak menulis seluruh huruf pada kata-kata atau kalimat yang ingin disampaikan dengan huruf kapital. Penulisan huruf pada kalimat menggunakan kapital dapat diartikan bahwa yang mengirim pesan tersebut sedang marah atau berteriak. Selain itu, jangan gunakan jenis font ketikan yang aneh aneh. (Baca Juga : Fungsi Komunikasi Non Verbal)
13. Perkenalkan diri dengan sopan
Jika sedang berkomunikasi dengan orang – orang yang belum dikenal atau orang yang baru akan dikenalkan oleh seseorang, maka perkenalkanlah diri dengan sopan diikuti dengan nada atau volume suara yang lembut dan tidak setengah berteriak. Memperkenalkan diri bisa Anda jadikan sebagai alat untuk mencairkan suasana dan memberikan kesan kepada lawan bicara bahwa Anda adalah orang yang ramah dan sopan.
Sponsors Link

14. Selingi dengan humor
Humor ataupun bahan bercandaan sangat penting sekali digunakan ketika sebuah komunikasi terasa dingin dan sudah berjalan dengan kurang baik. Oleh sebab itu, usahakan untuk menggunakan humor sebagai pembangkit keceriaan sewaktu berkomunikasi, agar komunikasi kembali ceria dan ketegangan antar orang yang sedang berkomunikasi berkurang. Tapi perlu diingat juga humor ataupun bercandaan yang digunakan tidaklah untuk menyindir seseorang.
15. Hargai pendapat orang lain
Ketika komunikasi dilakukan secara berdiskusi atau berkelompok, maka dengarkan dan hargailah pendapat orang lain agar diskusi dapat berjalan dengan baik. Jangan terlalu sering mendebat perkataan orang lain, tapi lebih seringlah menulis hal-hal penting yang diutarakan oleh orang lain karena dengan begitu pendapat yang juga akan kita utarakan, juga akan dihargai dan diterima dengan baik oleh lawan bicara kita.
Sebenarnya masih banyak etika yang harus dipatuhi pada saat berkomunikasi dengan orang lain, baik pada saat kita melakukan komunikasi langsung dan tidak langsung yang bertujuan untuk membuat komunikasi berjalan dengan lancar. Etika komunikasi sangat erat hubungannya dan bahkan tidak terpisahkan dari elemen-elemen komunikasi yang sering kita gunakan. Namun biasanya, komunikasi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor tatakrama atau etika yang sudah ditetapkan melalui sebuah rumusan bersama. Seperti misalnya ketika berkomunikasi secara pribadi maka digunakanlah etika komunikasi antar pribadi, begitu juga ketika sedang berkomunikasi masalah organinasi atau bisnis maka yang biasa dipakai adalah etika komunikasi organinasi atau etika komunikasi bisnis.
Nah, dari 15 tata krama komunikasi sinkron diatas, semuanya memiliki tujuan utama untuk membuat komunikasi berjalan dengan baik, lancar, penuh keceriaan, mendapatkan solusi jika terjadi masalah, serta membuat komunikasi lebih bermakna dan bermanfaat. Untuk itu selalu gunakan tata krama atau etika komunikasi dimanapun kita berada dan menggunakan media apapun karena tata krama dan etika yang baik ketika berkomunikasi akan menunjukkan kepribadian seseorang.

Sumber
https://pakarkomunikasi.com/tata-krama-komunikasi-sinkron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar