PENERAPAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN ASINKRON
Adalah kepanjangan dari electronic mail merupakan aplikasi penulisan, pengiriman, penerimaan surat secara elektronik melalui komunikasi dalam jaringan. Jenis layanan email :
- POP mail (Post Office Protocol Mail). adalah jenis email yang bisa dibaca secara offline. Untuk bisa membaca email ini, kita harus terkoneksi internet terlebih dahulu kemudian kita diharuskan mengunduh/men-download email yang telah masuk dari server mail yang kita ikuti, setelah itu kita bisa membaca email tersebut tanpa harus terhubung dengan internet. Dalam penggunaan POP mail ini, kita membutuhkan aplikasi khusus yang harus terinstall pada komputer kita, sehingga kita tidak bisa mengunduh email kita dari komputer lain yang tidak memiliki aplikasi POP mail. Contoh POP mail adalah POPmail, lycos, Hotpop. POP mail
- Web based mail. Contoh penyedia layanan Web based mail ini adalah yahoo mail, G-mail, hotmail, dll. Ada 2 jenis yaitu Web Based Mail:
- email gratis. Dengan menggunakan email gratis ini kita bisa memanfaatkan pengiriman dan menerima surat elektronik secara gratis. Kelemahan dari email ini adalah besar email yang diterima dibatasi oleh kuota. Contoh Gmail dibatasi kuota 6 Giga Byte
- email prabayar. Dengan menggunakan email prabayar ini kita ibsa memanfaatkan pengiriman dan penerimaan surat elektronik dengan kuota melebihi dari kuota email gratis, tergantung dari pilihan berapa besar kuota yang dipilih. Tetapi anda diwajibkan untuk membayar jika ingin berlangganan. Contoh yahoo!mail plus dengan fasilitas keamanan dari spam, fasilitas POP mail, e-mail fowarding.
- E-mail fowarding. Jenis email ini kita bisa membuat email alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Dalam hal ini sebuah email yang kita terima bisa kita alihkan atau diditeruskan lagi ke alamat yang sebenarnya.
MEMBUAT EMAIL
Pada saat ini kita akan mencoba membuat sebuah akun email pada G-mail. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
- Buka web browser anda. Anda bisa menggunakan internet explorer, google chrome, mozilla, opera, dll.
- Ketikkan alamat http://www.google.co.id pada address bar dan tekan tombol enter.
- Sehingga terbuka halaman seperti di bawah ini
- Klik tulisan Gmail, seperti gambar di bawah ini :
- Input data diri anda pada form “create your google account”
- Jangan lupa centang kotak “I Agree to Google Terms of Service and Privacy Policy“, kemudian Klik “Next step” sehingga muncul jendela
- Masukkan nomor handphone anda untuk mendapatkan sms kode verifikasi pada nomor anda. Kemudian klik “Continue“
- Catat kode verifikasi yang telah di-sms kan pada handphone anda, kemudian masukkan pada menu “verify your account”
- Klik “Continue” untuk mengakhiri pembuatan email anda
- Klik “Add a photo” untuk menambahkan photo profil anda, kemudian pada menu “upload photo” , pilih “select a photo from your computer ”
- Pilih file photo dari komputer anda, kemudian klik “Open“
- Proses upload photo akan terjadi, kemudian lakukan proses seleksi pada photo
- Klik “Set as profile photo” untuk mengakhiri pemasangan photo profil anda
- Klik “Next step“, maka anda akan menuju pada jendela “Welcome , natalie“
- Klik “Continue to Gmail” untuk masuk ke akun email anda
TATA KRAMA KOMUNIKASI ASINKRON
Karena komunikasi melibatkan orang lain, hendak tatakrama dalam komunikasi hendak diperhatikan. Dalam penulisan email harus diperhatikan :
- Gunakan bahasa yang sopan
- Gunakan salam pembuka untuk memulai penulisan email, dan gunakan salam penutup untuk mengakhiri email anda
- Jangan terlalu banyak menggunakan huruf kapital saat mengirimkan/membalas email
- Tuliskan subyek, tentang tema email yang anda kirimkan
- CC dan BCC digunakan pada saat anda mengirim email lebih dari satu
Sumber
https://cahyokrisma.wordpress.com/2014/09/04/penerapan-komunikasi-dalam-jaringan-asinkron/
15 Tata Krama Komunikasi Sinkron
ads
Komunikasi sinkron merupakan komunikasi antara seseorang dengan pihak
lain yang menggunakan jaringan internet dan berlangsung secara langsung
dan cepat dengan menggunakan Handphone, Smartphone atau melalui laptop /
pc komputer yang terhubung ke jaringan internet. Komunikasi sinkron
memiliki macam-macam media komunikasi,
namun yang paling sering digunakan untuk berkomunukasi antara lain
seperti BBM, Yahoo messenger, Line, Google talk, Google Hangout,
Messenger, Facebook chat Whats App, dan lain sebagainya. Komunikasi
sinkron memiliki kelebihan pada kecepatan transmisi pengiriman pesan
yang lebih cepat, namun juga meniliki kekurangan yang memungkinkan pesan
tersebut tidak sampai atau biasa disebut error. Komunikasi sinkron
memiliki beberapa cara, antara lain :1.Text chat
Merupakan sebuah komunikasi yang menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada seseorang melalui aplikasi. Komunikasi sinkron menggunakan Text Chat bukanlah sebuah komunikasi yang efektif karena tidak menampilkan emosi dan ekspresi pengirim pesan text tersebut.
2.Video chat
Merupakan teknologi komunikasi yang menampilkan audio dan video secara langsung antara pengguna yang ingin berkomunikasi di lokasi yang berbeda. Video chatting dapat dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone yang terhubung ke jaringan internet. Video chat sering juga disebut sebagai Video Call atau panggilan video.
Baca Juga : Efek Media Massa
Komunikasi sinkron yang menggunakan komunikasi secara verbal atau bahasa tubuh haruslah memiliki tata krama yang baik dan benar agar lawan bicara tidak merasa tersinggung ataupun tersakiti, karena dengan mengetahui dan menggunakan tata krama berkomunikasi sinkron yang baik dan benar maka sesuatu yang disampaikan saat sedang berkomunikasi akan diterima dengan baik oleh lawan bicara. Selain itu tata krama yang baik pada saat berkomunikasi akan menunjukkan beberapa informasi diri. Berikut ini beberapa tata krama berkomunikasi sinkron yang baik dan benar untuk menjaga komunikasi kita berjalan dengan baik :
1. Sapa dengan semangat
Memulai komunikasi dengan semangat akan memberikan efek positif untuk komunikasi yang akan dilangsungkan. Bahasa sebagai alat komunikasi yang
baik haruslah memberikan semangat bagi orang yang mendengarnya, oleh
karena itu biasakan sebelum berkomunikasi untuk menyapa lawan bicara
dengan senyuman yang bersemangat atau kata – kata yang membawa semangat.
2. Tatap wajah lawan bicara
Ketika lawan bicara sedang mengutarakan sesuatu, maka pandangan dan
arah mata haruslah melihat dan memandang lawan bicara. Hal ini akan
memberikan tanda kepada lawan bicara, bahwa apa yang diutarakannya
didengarkan dengan baik. Jangan terlalu sering menoleh ke kiri – ke
kanan karena akan memberikan kesan yang tidak sopan. (Baca Juga : Fungsi Media Komunikasi)
3. Jangan membicarakan keburukan orang lain
Sewaktu berbicara hendaklah membicarakan hal-hal yang baik dan
bermanfaat agar komunikasi memiliki makna dan manfaat yang jelas.
Janganlah komunikasi hanya diisi oleh percakapan-percakapan yang
mengandung kebencian, SARA dan keburukan orang lain.
4. Jika batuk tutuplah mulut
Ketika sedang berkomukasi sinkron biasakanlah menjaga etika duduk,
berdiri maupun etika lainnya yang harus dipatuhi dan dilakukan pada saat
berkomunikasi. Terlebih jika sedang batuk atau bersin, maka tutuplah
mulut dengan tangan untuk menghormati lawan bicara atau orang – orang
disekitar.
5. Menggunakan kata – kata yang sopan
Penggunaan kata – kata yang sopan harus digunakan ketika sedang berkomunikasi dengan seseorang agar proses komunikasi efektif dan berjalan dengan penuh keceriaan serta tidak memiliki hambatan – hambatan komunikasi yang dapat membuat kesalahpahaman antara kedua pihak.
6. Jangan memaksa
Setiap komunikasi yang berjalan dengan baik haruslah juga menggunakan
kata-kata yang lembut dan jangan memaksa lawan bicara agar memenuhi
segala tuntutan kita. Pada saat komunikasi antar pribadi berusahalah untuk meminta dengan lembut dan baik agar tujuan dari komunikasi dapat diterima dengan baik.
ads
7. Dengarkan dengan baik
Ketika sedang berkomunikasi maka akan terjadi percakapan panjang
antara satu dengan yang lainnya, oleh karena itu tata krama atau etika komunikasi yang
baik adalah ketika lawan komunikasi sedang berbicara, dengarkanlah
dengan baik dan seksama agar lawan bicara tersebut merasa dihormati dan
didengarkan keluh kesahnya.
8. Jangan berbicara terlalu cepat
Dalam komunikasi usahakan untuk tidak berbicara terlalu cepat atau
tidak juga terlalu lambat agar lawan bicara dapat mendengarkan dengan
jelas apa yang kita ucapkan. Intonasi atau penekanan nada dan ekspresi
wajah juga jangan membuat lawan bicara merasa risih atau terancam. Faktor – faktor yang mempengaruhi komunikasi menjadi tidak baik, salah satunya adalah berbicara terlalu cepat.
9. Jaga sikap dan perilaku
Jika berkomunikasi melalui daring sinkron, sikap dan perilaku mungkin
tidak akan terlahu kelihatan secara jelas. Tapi jika komunikasi
dilakukan secara langsung baik pada saat komunikasi interpersonal, komunikasi organisasi, komunikasi bisnis, hingga komunikasi antar budaya sikap
dan perilaku haruslah dijaga karena sikap dan perilaku adalah cerimanan
kepribadian seseorang. Janganlah melakukan hal-hal seperti memejamkan
mata terlalu lama, menggaruk hidung atau menggigit bibir karena akan
menimbulkan kesan yang tidak baik.
10. Berikan solusi ketika ada masalah
Pada saat komunikasi dilakukan ketika ada sebuah masalah, maka
cobalah untuk memikirkan solusi dari masalah tersebut dan
mengutarakannya. Memberikan solusi adalah komunikasi yang terbaik
dibandingkan hanya sekedar bertanya dan memberikan argumentasi
pandangan. Hal ini juga akan memunculkan kesan bahwa anda seorang
penengah dan pemecah masalah yang baik.
11. Berkata jujur, jangan bertele – tele
Jika komunikasi dilakukan karena memiliki sebuah keinginan dan ingin
dikomunikasikan dengan lawan bicara, maka berbicaralah secara jujur,
meminta dengan lembut, tidak memaksa dan berikan alasan kenapa
menginginkan dan membicarakan hal tersebut serta berikan pemahaman
dengan baik dan benar dengan tidak bertele-tele.
12. Tulis yang ingin dibicarakan dengan rapi
Jika berkomunikasi menggunakan jaringan internet atau daring sinkron,
maka sebaiknya untuk tidak menulis seluruh huruf pada kata-kata atau
kalimat yang ingin disampaikan dengan huruf kapital. Penulisan huruf
pada kalimat menggunakan kapital dapat diartikan bahwa yang mengirim
pesan tersebut sedang marah atau berteriak. Selain itu, jangan gunakan
jenis font ketikan yang aneh aneh. (Baca Juga : Fungsi Komunikasi Non Verbal)
13. Perkenalkan diri dengan sopan
Jika sedang berkomunikasi dengan orang – orang yang belum dikenal
atau orang yang baru akan dikenalkan oleh seseorang, maka perkenalkanlah
diri dengan sopan diikuti dengan nada atau volume suara yang lembut dan
tidak setengah berteriak. Memperkenalkan diri bisa Anda jadikan sebagai
alat untuk mencairkan suasana dan memberikan kesan kepada lawan bicara
bahwa Anda adalah orang yang ramah dan sopan.
14. Selingi dengan humor
Humor ataupun bahan bercandaan sangat penting sekali digunakan ketika
sebuah komunikasi terasa dingin dan sudah berjalan dengan kurang baik.
Oleh sebab itu, usahakan untuk menggunakan humor sebagai pembangkit
keceriaan sewaktu berkomunikasi, agar komunikasi kembali ceria dan
ketegangan antar orang yang sedang berkomunikasi berkurang. Tapi perlu
diingat juga humor ataupun bercandaan yang digunakan tidaklah untuk
menyindir seseorang.
15. Hargai pendapat orang lain
Ketika komunikasi dilakukan secara berdiskusi atau berkelompok, maka
dengarkan dan hargailah pendapat orang lain agar diskusi dapat berjalan
dengan baik. Jangan terlalu sering mendebat perkataan orang lain, tapi
lebih seringlah menulis hal-hal penting yang diutarakan oleh orang lain
karena dengan begitu pendapat yang juga akan kita utarakan, juga akan
dihargai dan diterima dengan baik oleh lawan bicara kita.Sebenarnya masih banyak etika yang harus dipatuhi pada saat berkomunikasi dengan orang lain, baik pada saat kita melakukan komunikasi langsung dan tidak langsung yang bertujuan untuk membuat komunikasi berjalan dengan lancar. Etika komunikasi sangat erat hubungannya dan bahkan tidak terpisahkan dari elemen-elemen komunikasi yang sering kita gunakan. Namun biasanya, komunikasi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor tatakrama atau etika yang sudah ditetapkan melalui sebuah rumusan bersama. Seperti misalnya ketika berkomunikasi secara pribadi maka digunakanlah etika komunikasi antar pribadi, begitu juga ketika sedang berkomunikasi masalah organinasi atau bisnis maka yang biasa dipakai adalah etika komunikasi organinasi atau etika komunikasi bisnis.
Nah, dari 15 tata krama komunikasi sinkron diatas, semuanya memiliki tujuan utama untuk membuat komunikasi berjalan dengan baik, lancar, penuh keceriaan, mendapatkan solusi jika terjadi masalah, serta membuat komunikasi lebih bermakna dan bermanfaat. Untuk itu selalu gunakan tata krama atau etika komunikasi dimanapun kita berada dan menggunakan media apapun karena tata krama dan etika yang baik ketika berkomunikasi akan menunjukkan kepribadian seseorang.
Sumber
https://pakarkomunikasi.com/tata-krama-komunikasi-sinkron
Tidak ada komentar:
Posting Komentar