Jumat, 02 Maret 2018

7 Cara Efektif saat Presentasi KD 3.6

7 Cara Efektif Mempersiapkan Presentasi Yang Baik




1. Menetapkan Tujuan Presentasi
Tidak ada satu pun orang yang akan sampai ke tempat tujuan, jika tidak memiliki alamat yang dituju. Setiap presentasi hebat tidak akan pernah Anda capai, kalau Anda sendiri tidak mengetahui apa yang ingin Anda capai.
Jadi sebelum Anda menyusun materi, membuat slide dan menentukan pendekatan apa yang akan Anda gunakan. Pastilah dulu Anda sudah memiliki tujuan yang jelas tentang presentasi Anda.
Apakah tujuan presentasi Anda untuk memberikan informasi?
Apakah untuk memotivasi?
Atau untuk mempengaruhi atau membujuk.
Semua ini harus jelas di awal. Karena dengan mengetahui tujuan Anda, maka Anda akan tahu bagaimana cara Anda cara untuk mencapai tujuan tersebut.
Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai tujuan presentasi, silakan Anda baca artikel saya yang lain berjudul menetapkan tujuan presentasi yang baik dan benar.
2. Mengenali Audiens
Salah satu ciri presentasi yang hebat adalah isinya relevan dengan kebutuhan audiens dan bisa menjawab permasalahan audiens. Dan itu hanya dapat Anda lakukan jika Anda mengenal siapa audiens Anda.
Lantas bagaimana caranya mengenali audiens?
Tentu saja Anda harus melakukan analisis audiens.  Tapi sebelum itu Anda juga perlu paham lebih dulu apa saja yang perlu Anda ketahui dari audiens.
Nah untuk penjelasan lengkap mengenai apa saja aspek yang perlu Anda kenali dan cara mengenali audiens  Anda bisa simak ulasan lengkapnya pada artikelMengenali Audiens Salah Satu Kunci Menampilkan Presentasi yang Efektif
3. Menyusun Materi Presentasi
Keberhasilan dalam presentasi sangat dipengaruhi oleh materi presentasi Anda. Karena presentasi yang hebat selalu dilandasi oleh materi yang kuat dan mantap. Untuk itu sebagai presenter Anda harus dapat membuat materi presentasi yang baik dan relevan sesuai kebutuhan audiens.
Terkait dengan menyusun materi ini ada tiga tool bisa Anda coba. Pertama adalah dengan menggunakan brainstorming. Kedua, bisa menggunakan mind mapping. Ketiga, bisa juga menggunakan logical structure.
Untuk pembahasan yang lebih lengkap tentang menyusun materi ini dapat Andabaca di sini.
4. Mendesain slide presentasi
Jika Anda menggunakan slide presentasi, maka Anda juga perlu mempersiapkan desain slide presentasi yang akan Anda gunakan. Pastikan saat Anda membuat slide ini Anda benar-benar menerapkan prinsip-prinsip desain yang slide yang baik, dan mengoptimalkan setiap elemen dari slide Anda supaya slide yang Anda buat efektif untuk mengomunikasikan pesan Anda.
Untuk cara membuat desain slide ini, jika Anda masih bermasalah Anda bisadapatkan panduan lengkapnya di sini.
5. Melakukan Latihan Presentasi
Pahamilah bahwa tidak akan ada presentasi yang buruk, jika setiap presenter melatih presentasi mereka dengan matang. Ini adalah prinsip yang perlu Anda pegang teguh. Bahkan maestro presentasi kelas dunia seperti Steve Jobs pun melakukan latihan.
Karena itu lakukanlah latihan selama ada waktu untuk melakukannya. Anda bisa melakukan latihan sendiri di depan kaca, di depan teman-teman Anda atau kalau memungkinkan latihan di tempat di mana Anda akan berbicara.
Kalau misalnya tidak ada waktu untuk melakukan latihan, lakukan latihan dalam pikiran Anda. Untuk cara yang satu ini bisa dilakukan di mana saja.
Untuk bahasan lebih lengkap tentang  latihan, silakan Anda simak tulisan saya yang lain tentang tips latihan presentasi.
6. Mempersiapkan Peralatan Presentasi
Ada beberapa alat yang harus Anda persiapkan. Yang pertama adalah leptop. Kedua adalah remote presenter. Ketiga, LCD Protektor. Khusus untuk LCD Proyektor, kalau misalnya LCD proyektor sudah dipersiapkan oleh penyelenggara, maka Anda tidak harus mempersiapkannya sendiri. Tapi saran saya sebaiknya Anda tetap menghubungi penyelenggara untuk menanyakan kondisi proyektor yang akan Anda gunakan.
Kemudian untuk leptop, pastikan Anda tidak lupa membawa charger. Kemudian pastikan Screen Saver sudah Anda matikan dan power sudah Anda kondisikan dalam keadaan Always On. Jika leptop Anda terinstal software seperti skype, Yahoo Masanger atau yang lain pastikan semunya dalam kondisi non aktif saat Anda menggunakannya untuk presentasi. Jika tidak diperlukan sebaiknya Anda matikan juga koneksi internet Anda. Jangan sampai ketika presentasi berlangsung tiba-tiba muncul pemberitahuan email baru, pesan skype, panggilan video atau pesan notifikasi yang lain, karena ini akan mengganggu konsentrasi audiens dan mengganggu jalannya presentasi yang Anda lakukan.
Mungkinkah hal ini terjadi?
Sangat mungkin, karena saya pernah mengalaminya. Dulu pada saat saya mengisi presentasi dalam kegiatan mahasiswa. Tiba-tiba ada penggilan skype masuk. Tentu saja hal itu mengganggu, khususnya mengganggu konsentrasi mahasiswa yang saat itu serius mendengarkan. Karena kejadian itu selanjutnya saya selalu matikan Online Notification saat membawakan presentasi di manapun.
Karena itulah lakukan persiapan alat ini dengan baik, supaya presentasi Anda berjalan lancar tanpa gangguan teknik yang seharusnya tidak perlu terjadi.
7. Menjaga stamina supaya tetap bugar saat presentasi
Terkait dengan hal ini, saya punya pengalaman menarik untuk Anda. Jadi dulu saat saya mengisi sebuah training pernah tiba-tiba saya blank saat presentasi berlangsung. Dalam beberapa saat saya benar-benar lupa dengan apa yang ingin saya sampaikan.
Beruntung saya sudah membuat Speaker Note sebelumnya. Jadi meski blank saya masih bisa melihat catatan melalui Speaker Note yang saya buat.
Apakah tidak ketahuan audiens?
Tentu saja tidak, karena saya mengaktifkan fitur presenter view pada pengaturan screen layar monitor pada leptop yang saya gunakan. Jadi meski saya nyontek, audiens tidak menyadarinya.
Kenapa hal itu terjadi? Penyebab utamanya adalah kelelahan.
Kenapa bisa sampai kelelahan? Karena saya menempuh perjalanan jauh di luar kota, kurang tidur dan belum sempat istirahat.
Sejak kejadian tersebut, saya selalu mengupayakan untuk benar-benar menjaga stamina. Kalau saya mengisi di luar kota, maka satu hari sebelumnya saya usahakan sudah berada di kota tersebut. Dengan demikian saat presentasi dilaksanakan stamina saya berada dalam keadaan prima.
Jadi saran terbaik saya, jika Anda mau melakukan presentasi jagalah stamina Anda. Cukupkan istirahat Anda, jangan begadang dan buatlah diri Anda rileks. Supaya hal yang pernah terjadi dengan saya tidak terjadi kepada Anda.
Demikianlah tadi 7 cara efektif mempersiapkan presentasi yang baik. Silakan Anda praktekkan untuk presentasi Anda berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar